Uniska Siap Melepas 1.404 Mahasiswa KKNT 2019

4
226

Universitas Islam Kadiri Kediri kembali menyelengggarakan acara Pelepasan mahasiswa /i KKNT 2019. Kurang lebih 1.404 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) periode 2019 di lepas oleh Rektor Universitas Islam Kadiri Kediri,  Prof. Dr. Ali Maschan Mousa pada hari Minggu, 14 Juli 2019. Selanjutnya mahasiswa siap di terjunkan ke lokasi KKNT, tepatnya pada 3 lokasi terpilih yakni kabupaten Kediri, kabupaten Blitar, dan kabupaten Tulungagung. Dari tiga lokasi ini ada 7 kacamatan yang akan terbagi menjadi 52 titik desa. Diadakanya KKNT inipun tak lepas dari tujuan yang sesuai dengan tema KKNT 2019, yakni mendukung pengembangan UMKM, sumberdaya manusia, dan pariwisata. Selain itu dipaparkan pula oleh Bpk. Muhammad Alfa Niam, S.E, M.E selaku ketua penyelenggara KKNT 2019 bahwa

“dari Bupati dari Kesbang memiliki harapan yang besar pada pengembangan UMKM, karena pada saat ini UMKM inilah yang menjadi penunjang berkembangnya setiap daerah”.

Sementara itu Rektor Universitas Islam Kadiri Kediri,  Prof. Dr. Ali Maschan Mousa juga menyampaikan sekaligus berpesan pelaknsanaan KKNT di harapkan mahasiswa bisa benar benar memanfaatkan ilmu yang di dapat dari kampus untuk diterapkan di masyarakat, dan juga bisa mengambil ilmu yang di peroleh dari pengalamannya terjun di masyarakat.

Penyerahan Simbolis

“ …kuliah tetap diluar (tetap kuliah meskipun di luar), tapi ada unsur kerja nyatanya. Dari ilmu yang sudah di dapet di kampus itu  bagaimana di terapkan di masyarakat, tapi bahwa unsur kuiahnya harus tetap ada. Ini yang tadi saya singgung di sambutan saya.”

 Beliau juga menyampaikan bahwa seharusnya fokus tidak hanya pada kerja nyatanya. Namun, bagaimana mahasiswa bisa kuliah atau menarik ilmu dari masyarakat itu juga harus diperhatikan dalam proses KKNT ini.

“…yang namanya kerja nyata itu lebih banyak kerja nyatanya, bagaimana membantu masyarakat misalnya :ada ngganti paving, buatkan masjid, mengajar ibuk – ibuk di desa apa itu misalnya, fokus di pengalaman ilmunya. Tap, unsur kuliahnya yang ndak ada atau masi kurang. Unsur kuliah itu ya apa yang dia dapatkan waktu turun di lapangan. Hla itu maksudnya  harus ada kisi – kisi, harus ada semacam proposal yang bisa menjadi ukuran “oh gini lhoo caranya mendapatkan ilmu dari masyaraakat” bisa aja anak anak itu….”

Acara pelepasan KKNT di tahun 2019 ini berjalan dengan lancar selain itu antusias dari mahasiswa yang berpartisipasi begitu baik, di tambah pula mahasiswa KKNT mendapat hiburan lagu – lagu dari ORMAWA Umi Kulsum yang begitu menarik dan membuat berlangsung nya acara lebih menjadi lebih meriah.

Ditulis oleh Robiul Umi Rodiyah

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Tolong masukkan nama di sini