10 Tips Untuk Mahasiswa Baru

0
31

Mendekati PKKMB semakin dekat juga kamu resmi menjadi mahasiswa di kampus. Selain nyiapin bahan osek nih, kamu juga harus nyiapin diri kamu ‘gimana sih buat jadi mahasiswa yang sesungguhya?’

Nah! Ini dia tips menjadi mahasiswa versi LPM INDEPENDENT.

Oke, tips yang pertama adalah ketika ada tawaran yang positif dimana tawaran itu bisa menjadikan dirimu lebih baik untuk kedepanya, jangan ragu…! ambil aja. Missalnya menjadi pengurus kelas, secara tidak langsung dengan menjadi pengurus kelas tingkat kedekatanmu dengan dosen akan bertambah. Maka peluang untuk menggali lebih banyak ilmu dari dosen pun akan semakin besar. Begitu pula dengan tawaran – tawaran positif lain seperti tawaran organisasi, tawaran menjadi panitia di event tertentu dan lain sebagainya. Jangan ragu…! Ambil aja. Karna ditahun pertama kuliah akan sangat menentukan arah perkuliahan mu kemana, keakademikan kah, keorganisasian kah, ke lomba lomba, atau apa pun itu.

Tips yang kedua adalah jadi diri sendiri, jadi semisal kebiasaan – kebisaan buruk waktu diSMA dulu masih ada di diri kamu, tinggalin dan ganti dengan dirimu yang sebenarnya, menjadi kamu yang benar – benar kamu (kamu yang masi original). “in your own life it’s important to know how spectaculllar you are”- Steve Marabolli

Yang ke-3 adalah have a balance in life, di mana pun dan kapan pun baik di akademik,organisasi maupun di dunia bersosial lainya. Semuanya tetap kembalikan ketujuan awal. Kamu berangakat untuk kuliah itu apa. Tapi jangan sampai membuat diri kamu merasa stress karna harus ngerjain ini ngerjain itu dan kalian ngga ada istirahat, Jangan..! karna kalian punya dunia sosial semua bisa di ajak bekerja sama dan saling bantu, don’t over thinking tidak pelrlu mankutkan hal hal yang tidak penting. Karna teman teman kalian setahun ini bakal menghantarkan kamu ke tahun tahun selanjutnya.

Yang ke-4 Jangan begadang. ini penting banget, kalo alesan kamu begadang sampai malem buat ngerjain tugas, ubah sistemasi waktu kalian! keadaan tidur yang kurang cukup akan mempengaruhi kefokusan belajar di pagi harinya. Jadi kerjain tugas dj pagi, siang atau ngga sore, ingat kalo malam jangan sampai begadang. Ini tidak baik untuk kesehatan mu, untuk pola pikirmu, dan kefokusan mu.

Yang ke-5 Time management everything, berkaitan dengan soal aku saranin buat kalender perencanaan untuk mengatur agenda mulai dari yang terpenting sampe agenda yang paling mudah untuk ngeistirahatin diri kamu sendiri semisal.

Yang ke-6 Hemat, jangan sampe ngabisin uang jajan di awal bulan, karna kebutuhan itu bisa datang kapan pun. Jadi, benar – benar pergunakan uang kamu sebaik mungkin di awal bulan, dan nanti baru akhir bulan nih.. kalo ada sisa baru buat senang – senang.


Yang ke-7 Jangan beli seluruh buku yang di suruh beli oleh dosen, karna ngga semua buku itu nanti akan benar – benar di gunakan atau hanya di pake bentar doang. Pilah buku yang benar – benar penting untuk di beli, buku – buku yang lain bisa di lengkapi dengan pinjam teman lain kelas, atau pinjam kakak tingkat,

Yang ke-8 Tetap hubungi orang tua. Karna keberadaan kalian yang tak lagi dekat dengan orang tua sering membuat cemas pikiran mereka. Maka dari itu, hubungin orang tua itu penting! tanyain kabarnya gimnana, lagi ada kekesibukan apa, bagaimana kesehatanya, dan lain sebagainya. Karna walaupun sekarang udah belajar hidup sendiri mereka tetap akan memikirkan dan berangan angan tentang keadaan kamu.

Yang ke-9 Jadilah orang yang tepat waktu untuk diri kamu sendiri dan orang lain. Jadi kalo misal ada kelas atau ada kumpul buat rapat, buat main bareng atau sekedar makan bareng utamakan tepat waktu. Dan inget diatas tadi juga ada plan yang sudah di buat untuk di jalankan. Jangan sampain plan itu hancur karna masalah tidak tepat waktu.

Dan, yang terakhir adalah belajar berdamai dengan kedaan, terus belajar beradaptasi dengan hal yang baru. Cobalah untuk mulai melangkah, dan tantang ketidak nyamanan. Kenapa adaptasi itu perlu? Karna semakin kamu tak berkutik dalam zona yang kamj tempati sekarang, di luar zona itu ada bayak orang yang sudah berlari menuju zona – zona meanstrem untuk menggapai mimpi dan cita cita mereka.

Semoga bermanfaat dan selamat menjadi penghuni kampus baru. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Tolong masukkan nama di sini